Home » , » Dengan Menggunakan Pikiran Bisa Menggerakkan Sebuah Robot ?

Dengan Menggunakan Pikiran Bisa Menggerakkan Sebuah Robot ?

TECHNO – Mengendalikan robot melalui pikiran ? Beberapa orang pasti akan beranggapan itu adalah hal konyol. Namun, ternyata memang bisa dilakukan. Karena para Ilmuwan dari Federal Polytechnic School of Lausanne asal Swiss telah berhasil menciptakan sebuah robot dengan teknologi yang sangat canggih. Yaitu sebuah robot yang dikendalikan dengan menggunakan pikiran dari manusia.
Dengan menggunakan bantuan dari topi elektroda, robot akan daapat dikendalikan dan dikontrol melalui gelombang dari otak manusia. Dan untuk pertama kalinya, sistem kenadli robot melalui pikiran tersebut dikendalikan oleh seseorang yang mengalami kelumpuhan. Ia menguji kemampuan robot canggih tersebut di rumah sakit dengan menggunakan kursi roda. 
Jose Millan, adalah pengembang dari sitem canggih tersebut. Dia juga merupakan seorang profesor dari Federal Polytechnic School of Lausanne. Jose Millan memiliki spesialisasi pada bidang non-invasive interfaces antara mesin serta otak manusia.
Menurut Jose Millan, teknologi yang ia kembangkan tersebut memiliki sebuah kelemahan, yaitu mengenai sinyal otak yang akan teracak jika di sekitar robot tersebut terdapat sekumpulan orang. Jose Millan juga mengatakan bahwa, sistem kendali robot dengan pikiran yang ia kembangkan tersebut bukan hanya sekedar sebagai pengendali dari kursi roda, tetapi juga bisa membantu pasien untuk dapat memulihkan sense atau indera perasa. 
Di sisi lain, penelitian dari Stephanie Lacour dan timnya kini sedang sedan dalam pengerjaan electric skin, yaitu sebuah teknologi untuk seseorang yang tidak memiliki tangan. Sebuah perangkat canggih yang berbentuk menyerupai sarung tangan tersebut dilengkapi sensor kecil yang berfungsi untuk mengirimkan informasi langsung menuju ke sistem saraf si pengguna.
Menurut Lacour, dengan menggunakan electric skin tersebut, para peneliti berharap, bahwa untuk keddepannya bisa membuat prostetik mekanik. Alat canggih tersebut tidak hanya mobile, akan tetapi akan menjadi sensitif layaknya tangan alami manusia. 
Penelitian lainnya yang sedang dalam tahap pengembangan oleh para ilmuwan di Federal Polytechnic School of Lausanne ialah mengerjakan proyek yang memungkinkan para penderita paraplegics / lumpuh bisa untuk berjalan normal. Penelitian yang mereka lakukan tersebut ialah dengan menggunakan implan sistem elektroda yang akan ditanam di bagian tulang belakang.
Gregoire Courtine, salah satu ilmuwan yang mengembangkan teknologi tersebut menerangkan bahwa “Hal tersebut berujuan agar setelah kurang lebih satu tahun menjalani pelatihan dengan menggunakan sistem robot ini, para pasien yang paraplegics tersebut bisa berjalan kembali tanpa perlu menggunakan bantuan dari sistem robot. Sistem elektroda yang ditanam di tulang belakang tersebut akan hidup secara implan”
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...