Home » » Rekor-rekor di Euro 2012

Rekor-rekor di Euro 2012

Perhelatan Piala Eropa 2012 yang berlangsung di Ukraina dan Polandia, ternyata banyak melahirkan sejumlah rekor baru. Mulai dari pemain termuda, tertua, gol tercepat, peraih kartu kuning pertama, kartu merah, hingga pencetak gol terbanyak sementara.
Sejak dibuka secara resmi pada Jumat (8/6/2012) waktu setempat, yang mempertemukan antara tuan rumah Polandia menghadapi Juara Eropa 2004, Yunani, yang berkesudahan dengan skor 1-1, ada beberapa rekor yang tercipta. Dan hingga Kamis (14/6) atau Jumat (15/6) dinihari, banyak rekor yang tercipta. Berikut di antara pencapaian rekor itu.



1. Pencetak gol pertama di Euro 2012 dipegang oleh penyerang Portugal asal klub Borussia Dortmund, Robert Lewandowski. Ia menciptakan gol pada menit ke-17 di babak pertama, setelah menyundul umpan silang yang dikirim rekannya dari sisi kiri pertahanan Yunani. Lewandoswki yang tak terkawal, berhasil membobol gawang Yunani, dan mengubah skor menjadi 1-0.

2. Kartu kuning pertama di Euro 2012 diterima oleh Sokratis Papastathopoulos, bek tengah Yunani. Kartu kuning. Papastathopoulos mendapatkan kartu kuning di menit ke-35 setelah melanggar Lewandowski. Sembilan menit kemudian, Papastathopoulos kembali menerima kartu kuning kedua, sehingga diusir keluar oleh wasit Carlos Velasco Carballo dari lapangan. Bisa dikatakan, ia juga meraih kartu merah pertama.

3. Berbeda kasusnya dengan Papastathopoulos yang dikeluarkan dari lapangan karena menerima dua kartu kuning, penjaga gawang Polandia, Wojciech Szczesny, keluar lapangan karena melakukan pelanggaran keras terhadap Dimitrios Salpingidis pada menit ke-68. Jadi, Szczesny murni meraih kartu merah pertama.
4. Pelanggaran yang dilakukan Szczesny membuat wasit Carballo menunjuk titik putih. Namun Giorgos Karagounis gagal mengkonversi kesempatan emas tersebut setelah sepakannya mampu ditepis kiper pengganti Polandia, Przemyslaw Tyton. Jadi, penembak penalti yang gagal menghasilkan gol pertam di Euro 2012 diraih oleh kapten tim Yunani, Karagounis.

5. Alan Dzagoev, penyerang Rusia merupakan orang pertama di Euro 2012 yang menciptakan dua gol, saa Rusia membantai Republik Ceska 4-1. Hingga Jumat (15/6), Alan Dzagoev sudah membukukan tiga gol bersama dengan Mario Gomez (Jerman), dan penyerang Kroasia, Mandzukic.

6. Xavi Hernandez menciptakan rekor baru dalam Perhelatan Piala Eropa untuk memberikan operan. Playmaker asal klub Barcelona itu membuat 136 operan dan 127 di antaranya menemui sasaran, saat timnya bersua dengan Irlandia di Piala Eropa 2012. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan operan yang pernah dilakukan Ronald Koeman asal Belanda yang membuat 117 operan kala melawan Denmark di Piala Eropa 1992.

7. Spanyol menjadi tim pertama yang mencatatkan penguasaan bola sangat dominan, yakni 78 persen penguasaan saat ‘La Furia Roja’ berhadapan dengan Irlandia (Boys in Green).

8. Kekalahan melawan Spanyol yang berkesudahan dengan 0-4, membuat Irlandia menjadi negara pertama yang harus angkat koper dari Piala Eropa 2012. Dari 16 tim, Irlandia sudah mengalami dua kali kekalahan.

9. Negara atau tim pertama yang mendapatkan sanksi atau denda dari UEFA pada Euro 2012 adalah Portugal dan Jerman akibat ulah suporternya. Jerman di denda 12.605 dolar AS (Rp 250 juta), sedangkan Portugal separuhnya, karena dianggap telat memasuki lapangan.

10. Tim peraih kartu kuning terbanyak dalam satu pertandingan adalah tim Yunani, kala bersua dengan Polandia.

11. Sampai Jumat (15/6) WIB, rekor gol terbanyak dalam satu pertandingan di Euro 2012 diraih oleh Rusia versus Republik Ceska yang berkesudahan 4-1 untuk Rusia, Portugal versus Denmark (3-2).

12. Rekor kekalahan dengan jumlah gol terbanyak diterima oleh Republik Irlandia saat kalah telak dari Spanyol dengan skor 0-4.

13. Rekor kemenangan dengan jumlah gol terbanyak diraih oleh Spanyol saat menang melawan Irlandia (4-0).

Rekor berikutnya??? Kita tunggu pertandingan selanjutnya ya…




Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...