Home » , , , , » Jurnal: Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan

Jurnal: Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan

 ABSTRAK

Seiring perkembangan zaman pertukaran informasi semakin cepat dan instan sehingga penggunaan sistem tradisional dalam dunia pendidikan kurang disukai lagi oleh peserta didik, oleh karena itu dunia pendidikan perlu meningkatkan sistem pendidikan dengan berbasis ICT karena memiliki banyak manfaat untuk dunia pendidikan. Dunia internet tidak terlepas dari bidang pendidikan karena dengan internet seorang mahasiswa/siswa dapat menggali berbagai sumber informasi yang dibutuhkan seperti perpustakaan on-line, pertukaran data (file sharing), e-mail, teleconference dan banyak lagi fasilitas lainnya. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pendidikan akan memungkinkan terciptanya sistim pembelajran elektronik seperti: e-learning, distance learning, virtual school dan virtual university. Dengan pemamfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran atau pendidikan memungkinkan hasil pendidikan lebih baik dan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif.


PENDAHULUAN

Pengaruh globalisasi semakin terasa dengan semakin banyaknya saluran informasi dalam berbagai bentuk seperti elektronik maupun non elektronik seperti surat kabar, majalah, radio. TV, telepon, fax, komputer, internet, satelit komunikasi dan sebagainya. Teknologi komunikasi dan informasi yang terus berkembang cenderung akan mempengaruhi segenap bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan kejuruan dan pelatihan yang akan semakin banyak diwarnai oleh oleh teknologi  komunikasi dan informasi. Secara khusus untuk pendidikan dan pelatihan akan dirasakan adanya kecenderungan : (a) bergesernya pendidikan dan pelatihan dari sistem berorientasi pada guru/dosen/lembaga ke sistem yang berorientasi pada siswa/mahasiswa/peserta didik. (b) tumbuh dan makin memasyarakatnya pendidikan terbuka/jarak jauh. (c) semakin banyaknya pilihan sumber belajar yang tersedia. (d) diperlukannya standar kualitas global dalam rangka persaingan global dan (e) semakin diperlukannya pendidikan sepanjang hayat (life long learning). Aplikasi teknologi komunikasi dan informasi telah memungkinkan terciptanya lingkungan belajar global yang berhubungan dengan jaringan yang menempatkan siswa di tengah-tengah proses pembelajaran, dikelilingi oleh berbagai sumber belajar dan layanan belajar elektronik. Untuk itu, sistem pendidikan konvensional seharusnya menunjukkan sikap yang bersahabat dengan alternatif cara belajar yang baru yang sarat dengan teknologi. ... [+]

DAFTAR PUSTAKA

Hadiana, A dan Djaelani, E. (2002).  Sistim Pendukung e-Learning di Web. (Online) http://www.informatika.lipi.go.id/jurnal/sistem-pendukung- e-learning-di-web/ (12 Nopember 2005)  

Manfaat Videoconferencing dan Layanannya. (Online)
http://www.telkom.co.id/infoterkini/view_news.asp?id=5&newscat=infotek  (12 Nopember 2005)

Peran Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Secara Online di Indonesia. (Online).  http://www.denpasar.go.id/main.php?act=i_opi&xid=14 (12 Nopember 2005)

Pribadi, B.A dan Rosita,T (Universitas Terbuka). (2005). Prospek  Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif  Dalam Sistim Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia. (Online). http://pk.ut.ac.id/jsi/82benny.htm (12 Nopember 2005)

Rahardjo, B. (2000).  Implikasi Teknologi Informasi dan Internet Terhadap Pendidikan, Bisnis, dan Pemerintahan . ( Online)

Salmi, N. (2005).  Teknologi Informasi Inovasi Bagi Dunia Pendidikan. (Online) http://www.waspada.co.id/  ( 8 Nopember 2005 ).

Sadiman, S.A. (2000).  Aplikasi Teknologi Dalam Pendidikan di Era Global Peluang Dan Tantangan.  (Online). Jurnal Dikbud No. 022, Maret 2000 halaman 1-15 

Mengoptimalkan Multimedia sebagai Sarana Mencerdaskan Bangsa (Online) http://www.elektroindonesia.com/elektro/media12a.html (12 Nopember 2005)

Wardiana, W. (2002).  Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. (Online)




Catatan :  
Link Download di atas akan mengantarkan anda ke situs adf.ly Jika situs tersebut sudah terbuka, silahkan tunggu 5 detik dan klik tombol LEWATI / SKIP AD yang berada di pojok kanan atas dari browser anda untuk menuju link download
 

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...