Home » , , , , , » Makalah: Kompressing File

Makalah: Kompressing File

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Kebutuhan akan kapasitas penyimpanan yang besar nampaknya makin penting. Kebutuhan ini, disebabkan oleh data yang harus disimpan makin lama semakin bertambah banyak, khususnya bagi dunia usaha dan perbankan. Perusahaan tersebut umumnya sangat membutuhkan kapasitas yang sangat besar, untuk menyimpan semua data dan file-file penting. Penyimpanan tersebut bukan hanya dialokasikan pada satu tempat saja. Tapi mereka juga akan menyimpan data atau file-file tersebut pada tempat yang lain. Meskipun yang disimpan tersebut sama, hal ini berguna untukbackup data.Backup perlu dilakukan karena tidak ada yang menjamin suatu data pada tempat penyimpanan didalam komputer tidak akan mengalami kerusakan. Alangkah banyaknya kapasitas penyimpanan yang harus disediakan untuk menampung semua hal tersebut.
Untunglah data-data tersebut dapat dimampatkan (compress) terlebih dahulu sehingga tempat yang dibutuhkan dimemori semakin sedikit dan waktu yang dibutuhkan untuk berkomunikasi lebih pendek, sehingga kegagalan dalam manipulasi data lebih  sedikit. Metoda pemampatan yang digunakan pada saat ini adalah dengan cara memampatkan file-file yang sudah jadi (file asal) lalu dimampatkan dan baru di komunikasikan. Setelah sampai data hasil pemampatan tersebut pada si penerima, lalu dilakukan penirmampatan (de-compress) untuk mengembalikan ke bentuk asal, baru file tersebut dapat digunakan.
Dalam aplikasi komunikasi data pada saat ini banyak melakukan transmisi data per-record dalam bentuk isi data (contents) yang berbentuk teks, seperti pengisian (entry data), pembacaan data (informasi). Sehingga kadang mengesalkan karenaperformance rendah, setelah menghabiskan beberapa waktu, komunikasi data menjadi lambat dan bahkan terputus sehingga harus melakukan lagi komunikasi dari awal, apalagi dengan item (field) yang banyak.
Performance merupakan parameter mengukuran kinerja dalam suatu aplikasi pengolahan data. Banyaknya teks yang sama di komunikasikan dalam sebuah aplikasi mengakibatkanperformance data semakin rendah. Dengan tidak adanya penggandaan karakter dalam sebuah data yang diolah maka mengakibatkanperformance semakin tinggi, sehingga hemat dalam pemakaian tempat padarepository dan secara otomatis akan mempercepat komunikasi dalam transmisi data. Maka dengan menerapkan teknik pemampatan (compress) dapat meningkatkanperformance data.

1.2    Rumusan Masalah
Dari uraian latr belakang di atas, beberapa permasalahan yang akan dibahas pada makalah ini adalah:
1.    Apa yang dimaksud dengan kompresing?
2.    Apa yang dimaksud dengan kompresi gambar dan bagaimana cara kompresi gambar?
3.    Apa yang dimaksud dengan kompresi Audio dan bagaimana cara kompresi Audio?
4.    Apa yang dimaksud dengan kompresi video dan bagaimana cara kompresi video?
5.    Bagaimana menggunakan kompresi yang tepat ?

1.3    Tujuan
1.    Mengetahui tentang kompresing
2.    Mengetahui  tentang kompresi gambar dan bagaimana cara kompresi gambar
3.    Mengetahui tentang kompresi audio dan bagaimana cara kompresi audio
4.    Mengetahui tentang kompresi video dan bagaimana cara kompresi video
5.    Mengetahui tentang penggunaan kompresi yang tepat



BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Kompressing
Dalam ilmu komputer dan teori informasi , kompresi data atau sumber pengkodean adalah proses encoding informasi dengan menggunakan lebih sedikit bit (atau unit informasi-bantalan lainnya) dari sebuah unencoded representasi akan menggpunakan, melalui penggunaan khusus pengkodean skema.
Dalam komputasi, deduplication data adalah teknik kompresi data khusus untuk menghilangkan data-grained berlebihan kasar, biasanya untuk meningkatkan utilisasi storage.
Seperti komunikasi apapun, dikompresi komunikasi data hanya bekerja jika kedua pengirim dan penerima informasi memahami skema pengkodean. Misalnya, teks ini masuk akal hanya jika penerima mengerti bahwa itu adalah dimaksudkan untuk ditafsirkan sebagai karakter yang mewakili bahasa Inggris. Demikian pula, data terkompresi hanya dapat dipahami jika metode decoding diketahui oleh penerima.
Kompresi berguna karena membantu mengurangi konsumsi sumber daya mahal, seperti hard disk space atau transmisi bandwidth . Pada sisi negatifnya, data dikompresi harus didekompresi untuk digunakan, dan ini pengolahan tambahan mungkin merugikan beberapa aplikasi. Sebagai contoh, skema kompresi untuk video mungkin memerlukan perangkat keras mahal untuk video yang akan didekompresi cukup cepat untuk dilihat karena sedang decompressed (pilihan untuk dekompresi video secara penuh sebelum menonton mungkin nyaman, dan membutuhkan ruang penyimpanan untuk decompressed video). Rancangan skema kompresi data sehingga melibatkan trade-off antara berbagai faktor, termasuk tingkat kompresi, jumlah distorsi memperkenalkan (jika menggunakan skema kompresi lossy), dan sumber daya komputasi yang dibutuhkan untuk kompres dan uncompress data .....[+]

DAFTAR PUSTAKA

Admin. 2010. Compression of  video and audio signals, (online),  (http://www.infosum.net/id/e-learning/kompresi-sinyal-video-dan-audio(Compression-of-video-and-audio-signals), diakses 31 Oktober 2010)
Admin. 2010. Konsep Dasar Video, (online),  (http://artikel.bermutu.com/(konsep-dasar-video.html), diakses 31 Oktober 2010)
Admin. 2010. Media Player Digital,  (online), (http://marikitangeblog.blogspot.com/2009/12/memahami-format-audio-video.html(media-player-digital-–-peralatan-canggih-torrenttvdevice-untuk-menyimpan-media-digital-anda-50.html), diakses 31 Oktober 2010)
Admin.2010. Metoda Compress, (online), (http://www.scribd.com/doc/14845089/Metoda-Compress, diakses 31 Oktober 2010)
Wikipedia.org.2010. Audio Compression, (online), (http://www.wikipedoa.org, diakses 31 Oktober 2010)
Wikipedia.org. 2010. Data Compression, (online),  (http://www.wikipedoa.org, , diakses 31 Oktober 2010)
Wikipedia.org. 2010. Lossy Compression, (online),  (http://www.wikipedoa.org,  diakses 31 Oktober 2010)



Catatan :  
Link Download di atas akan mengantarkan anda ke situs adf.ly Jika situs tersebut sudah terbuka, silahkan tunggu 5 detik dan klik tombol LEWATI / SKIP AD yang berada di pojok kanan atas dari browser anda untuk menuju link download

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...