Home » , , , , , , » Makalah: External Memory

Makalah: External Memory

BAB I 
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. Memorimerupakan bagian yang penting dalam komputer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit). Penyimpanan utama Merupakan elemen yang penting dari suatu komputer yang digunakan sebagai penyangga data dan instruksi program untuk digunakan oleh prosesor.
Untuk Media Penyimpanan yang merupakan penyimpanan tambahan, biasanya disebut penyimpanan external. Media ini dapat menyimpan data meskipun aliran listrik telah dimatikan. Bahan yang digunakan biasanya berupa piringan magnetik yang memiliki track (jalur data). Seiring dengan perkembangan teknologi, media penyimpanan juga semakin berkembang, dari teknologi yang menggunakan piringan magnetik dengan ukuran besar, cakram keras dengan beberapa tambahan komponen aktif, hingga media penyimpanan yang sudah dikemas dalam bentuk chip dengan ukuran fisik yang minimalis.
Setiap Penyimpanan External memiliki kelebihan dan kekurangan, dan bersifat relatif sesuai dengan kebutuhan pemakai. Bila membutuhkan penyimpanan yang memiliki kapasitas yang besar, maka yang kita butuhkan adalah sebuah hard disk yang batas kemampuan menyimpanya bisa mencapai 1500 Gbyte lebih. Bila membutuhkan penyimpanan dengan kapasitas yang sedang dengan ukuran media penyimpanan yang kecil, maka dapat di gunakan USB flash disk atau memory card.

1.2  Rumusan Masalah 
Dari latar belakang di atas, adapun rumusan masalah yang dapat saya susun adalah sebagai berikut :
1.    Apa yang dimaksud dengan external memory ?
2.    Apa saja jenis-jenis external memory ?

1.3  Tujuan
Tujuan saya dalam meyusun makalah ini adalah sebagai berikut :
1.    Untuk mengetahui apa itu external memory.
2.    Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis external memory.

1.4  Manfaat
Memberikan informasi atau pengetahuan yang bisa bermanfaat kepada pembaca mengenai external memory.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian External Memory
External memory merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. External memory menyimpan data dalam media fisik berbentuk kaset atau disk agar tetap mengaliri transistor sehingga tetap dapat menyimpan data. Konsep dasar external memory adalah menyimpan data bersifat,  baik pada saat komputer aktif atau tidak. External memory biasa disebut juga memori external yaitu perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama. External memory mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.

2.2  Jenis – Jenis External Memory
1.    Berdasarkan Jenis Akses Data
Berdasarkan jenis aksesnya memori external dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu :
a. DASD (Direct Access Storage Device) di mana ia mempunyai akses langsung terhadap data.  
    Contoh :
    •    Magnetik (floppy disk, hard disk).
    •    Removeable hard disk (Zip disk, Flash disk).
    •    Optical Disk.

b. SASD (Sequential Access Storage Device) : Akses data secara tidak langsung (berurutan), seperti pita magnetik.

2.    Berdasarkan Karakteristik Bahan
Berdasarkan karakteristik bahan pembuatannya, memori external digolongkan menjadi beberapa kelompok sebagai berikut:
a.    Punched Card
Merupakan kartu kecil berisi lubang-lubang yang menggambarkan berbagai instruksi atau data.kartu ini dibaca melalui puch card reader yang sudah tidak digunakan lagi sejak tahun 1979.
b.    Magnetic disk
Magnetic Disk merupakan disk yang terbuat dari bahan yang bersifat magnetik, Contoh :
Floppy dan harddisk.
c.    Optical Disk
Optical disk terbuat dari bahan-bahan optik, seperti dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Contoh : CD dan DVD
d.    Magnetic Tape
Magnetik tape terbuat dari bahan yang bersifat magnetik tetapi berbentuk pita, seperti halnya pita kaset tape recorder.....[+]
DAFTAR PUSTAKA
http://f4123n.blogspot.com/2009/01/media-penyimpanan-memori-external.html
http://kkpigama.wordpress.com
http://www.nani-muniroh.co.cc/2011/03/pengertian-memori.html


Catatan :  
Link Download di atas akan mengantarkan anda ke situs adf.ly Jika situs tersebut sudah terbuka, silahkan tunggu 5 detik dan klik tombol LEWATI / SKIP AD yang berada di pojok kanan atas dari browser anda untuk menuju link download

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...