Home » , » FBI Ajukan Proposal Untuk Sadap Facebook, Gmail, YM, dan Skype

FBI Ajukan Proposal Untuk Sadap Facebook, Gmail, YM, dan Skype

FBI Penyadap FBI Ajukan Proposal Untuk Sadap Facebook, Gmail, YM, dan SkypeBiro Investigasi Federal (FBI) AS saat in semakin gencar dalam melakukan penyelidikan di dunia maya. Setelah sebelumnya melakukan beberapa tindakan pengamanan terhadap para penyedia layanan penyimpanan file online yang dianggap mendukung pembajakan, kini FBI semakin agresif dalam menangani kejahatan yang memanfaatkan internet. Demi kepentingan penyelidikannya tersebut, FBI mengambil langkah yang bisa dibilang cukup ekstrim, yaitu menyadap Facebook, Gmail, YM, dan Skype.
Untuk mewujudkan tujuannya tersebut, kini FBI tengah berusaha untuk mendekati beberapa perusahaan internet besar seperti Google dan Yahoo. Pendekatan tersebut seperti diberitakan oleh CNet adalah ditujukan untuk mengajukan sebuah proposal. FBI berharap agar perusahaan internet seperti Google dan Yahoo mau menyetujui proposal tersebut, yang isinya adalah bahwa semua produk yang dibuat oleh perusahaan tersebut wajib disertakan sebuah program backdoor yang berguna untuk penyadapan.

Dalam proposal tersebut FBI menyatakan bahwa hal itu diperlukan untuk kebutuhan penyadapan yang merupakan bagian program pengawasan dari pemerintah.Jika nantinya proposal yang diajukan FBI itu disetujui, maka setiap aktifitas pengguna produk-produk Google seperti Gmai, Google+, dan GTalk akan dapat dipantau dan diawasi oleh FBI. Begitu juga dengan aktifitas pengguna produk Yahoo misalnya pada Yahoo Mail dan Yahoo Messenger.
Selain bertemu dengan dua perusahaan internet besar tersebut, secara diam-diam FBI juga telah melakukan pertemuan dengan perwakilan dari beberapa raksasa teknologi lain seperti Microsoft yang memiliki layanan Skype dan Hotmail, serta Facebook yang akhir-akhir ini dianggap sering dijadikan ajang komunikasi untuk membentuk sebuah gerakan massa. FBI menginginkan agar Microsoft dan Facebook mengubah kode program pada setiap produk-produknya, seperti layanan email, instant messaging, VoIP, serta jejaring sosial milik Facebook.
Pengubahan kode tersebut dimaksudkan agar nantinya FBI lebih mudah dalam menyisipkan kode program yang akan digunakan untuk penyadapan. Sebelumnya FBI menyampaikan keluhannya kepada kongres tentang kesulitan dari pihaknya untuk melakukan penyadapan. FBI berdalih bahwa penggunaan telepon konvensional telah digantikan dengan telepon internet sehingga membutuhkan ijin khusus untuk melakukan penyadapan komunikasi internet.
Di Amerika sendiri sebenarnya telah ada undang-undang (CALEA) yang menyatakan bahwa setiap perusahaan komunikasi wajib membuat sistem mereka untuk siap disadap oleh pemerintah. Namun perusahaan internet seperti Google dan Yahoo belum termasuk di dalamnya. Sehingga FBI harus memaksa pemerintah untuk melakukan amandemen atas undang-undang tersebut.

Courtesy : CNET
http://www.fastlinenews.com/fbi-ajukan-proposal-untuk-sadap-facebook-gmail-ym-dan-skype/


Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...