Home » » Pendiri Facebook Pindah Kewarganegaraan

Pendiri Facebook Pindah Kewarganegaraan

eduardo saverin Pendiri Facebook Pindah Kewarganegaraan Untuk Hindari PajakEduardo Saverin, salah satu pendiri Facebook menanggalkan statusnya sebagai warga negara AS untuk pindah kewarganegaraan menjadi warna negara Singapura. Hal itu dilakukan oleh Saverin menjelang penawaran saham perdana kepada publik (IPO) Facebook yang akan berlangsung tidak lama lagi. Saverin mengambil keputusan tersebut untuk menghindari pajak yang sangat tinggi di AS.
Saverin adalah salah satu orang yang ikut berperan bersama dengan Mark Zuckerberg dalam mendirikan Facebook pada tahun 2004 lalu di Universitas Harvard. Sahamnya yang lumayan besar untuk perseorangan yaitu sebesar 4% membuatnya merasa perlu untuk pindah kewarganegaraan agar tidak banyak terkena potongan pajak. Hingga saat ini Saverin juga masih aktif ikut mengembangkan Facebook.
Juru bicara perusahaan dari Facebook mengatakan bahwa keputusan Saverin untuk menjadi warga negara Singapura akan lebih efektif dan praktis. Karena ia akan tinggal di Singapura dalam waktu yang relatif lama. Setelah perubahan status kewarganergaraan Saverin tersebut, nilai pajak yang harus dibayarkannya akan jauh berkurang jika dibandingkan saat dia masih menjadi warga negara AS. Karena negara Singapura hanya mengenakan pajak penghasilan dan luar negeri serta tidak memiliki peraturan untuk pajak investasi.

Namun menurut kepala program pajak internasional di Universitas Michigan, Reuven Avi-Yonah, seseorang yang meninggalkan status warga negara AS untuk menjadi warga negara lain tidak bisa begitu saja langsung terlepas dari pajak. Sebelum berganti kewarganegaraan masih ada kewajiban dan pajak lain yang harus dibayarkan, misalnya penghasilan dari portofolio saham yang dimiliki maupun yang dijual. Namun jika melihat besarnya saham yang dimiliki Saverin di raksasa jejaring sosial tersebut maka berkurangnya pajak yang dikenakan kepadanya akan jauh berkurang saat telah berganti status warga negara.
Avi-Yonah dalam pernyataannya juga menambahkan bahwa keputusan berpindah status warga negara yang dilakukan Saverin merupakan sebuah langkah yang cukup cerdas untuk mengantisipasi berkurangnya pendapatan yang akan diperolehnya karena potongan pajak yang sangat besar. Karena begitu Facebook sudah melepas saham di Wall Street maka akan semakin untuk melakukan “trik” semacam ini karena Faceboook telah menjadi perusahaan publik yang pasti selalu dimonitor oleh para investor.


Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...