Home » » Temuan Sederhana Yang Memikat Dunia

Temuan Sederhana Yang Memikat Dunia

Setiap hari kita pasti bersentuhan dengan resleting. Benda yang satu ini sering dijumpai pada pakaian baik baju, jaket maupun celana. Selain sebagai alat mempermudah pemakaian busana, resleting juga banyak dijadikan sebagai aplikasi yang menghiasi pakaian maupun barang-barang lainnya seperti tas dan sepatu. Walaupun alat tersebut berbentuk sederhana tapi sangat bermanfaat.
Tidak terbayang, bagaimana jadinya jika tidak ada resleting? Busana yang kita pakai tentu tidak akan sebagus dan secanggih seperti saat ini. Tapi tahukah penemu resliting? Penasaran yuk kita cari tahu. Penemu resleting ternyata seorang insinyur bernama Gideon Sundback atau Otto Fredrik Gideon Sundback. Sundback merupakan insinyur listrik berkebangsaan campuran Amerika Swedia. Dia dilahirkan di Swedia pada 24 April 1880.
Setelah menyelesaikan pendidikan di Swedia, Sundback melanjutkan pendidikan ke sekolah Politeknik di Jerman hingga meraih gelar insinyur. Pada 1905 Sundback pindah ke Amerika Serikat dan bekerja di beberapa perusahaan seperti Westinghouse Electric dan Manufacturing Company hingga ke Universal Fastener Company atau pabrik pembuat kancing baju. Selain kancing baju, di Universal Fastener Company juga dikembangkan model kancing baru yang bernama clasp locker atau generasi pertama resleting hasil temuan pendiri perusahaan, Whitcomb Judson.
Sejak dipromosikan menjadi kepada desainer Sundback membuat inovasi mengembangkan clasp locker dengan meningkatkan jumlah elemen pengait kancing dari empat per inci menjadi sepuluh atau sebelas inci. Clasp locker hasil pengembangannya itu memiliki dua baris gigi yang dapat dikaitkan menggunakan silinder sehingga bisa saling menempel erat dan dapat pula dibuka. 
Alat hasil temuannya itu kemudian dikenal sebagai resleting atau dalam bahasa belanda ritssluiting dan bahasa inggris zipper. Selain membuat resleting, Sundback juga membuat mesin produksi resleting model terbaru tersebut. Berkat temuannya, ia di anugerahi beberapa penghargaan salah satunya Gold Medal dari The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences pada 1951. 
Dihormati
Sundback meninggal pada 1954. Nah untuk memperingati 132 tahun sang pembuat resleting, mesin pencari Google membuat doodle atau logo Google yang dimodifikasi menjadi resleting pada 24 April lalu. Doodle resleting Google seperti mengingatkan orang terhadap jasa Sundback sehingga namanya kini banyak diperbincangkan orang.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...