Home » » Rp1 Triliun untuk Shelter di Sumbar

Rp1 Triliun untuk Shelter di Sumbar

Pemerintah pusat menganggarkan Rp1 triliun lebih untuk pembangunan shelter di Sumbar. Penganggaran guna persiapan masyarakat menghadapi kemungkinan tsunami.
“Dalam APBN dianggarkan dana Rp1 triliun lebih untuk pembangunan shelter di Sumbar. Kita harapkan ke depan masyarakat semakin siap dengan kemungkinan tsunami,” kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono pada pelantikan kepengurusan PDK Kosgoro 1957 Sumbar, Sabtu (13/5) di Aula Stikes Ranah Minang Padang. Acara tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Sumbar, Muslim Kasim.
Agung menyebutkan, masyarakat Sumbar tidak perlu takut atas kemungkinan terjadinya gempa dan tsunami. Pembangunan shelter tersebut, katanya, sebagai bentuk upaya penyelamatan diri bagi masyarakat.
Memanfaatkan dana Rp1 triliun itu, akan dibangun shelter yang kuat dan tinggi berupa bukit sehingga bisa menampung ribuan orang dengan singkat. “Selain itu, sejumlah sirine peringatan dini juga akan dibenahi. Dengan demikian, akan bisa memberikan informasi secepatnya ketika ada ancaman bencana,” kata Agung.

Dengan kondisi alam yang rentan dengan bencana, Agung meminta masyarakat Sumbar
untuk bisa bersahabat dan harmonis dengan bencana dan menjalani kehidupan, tanpa diliputi keresahan atau ketakutan.

Gempa lagi
Sejumlah daerah di pesisir Barat Sumbar merasakan getaran gempa, Minggu (13/5). Masyarakat tidak panik, hanya berhamburan keluar rumah. Gempa berkuatan 4,6 SR, berpusat di Barat Daya Padang pada kedalaman 43 kilometer.
Getaran gempa juga dirasakan di Pariaman. Tak ada masyarakat yang mengungsi. Situasi di jalanan juga tidak macet, karena warga tak mencari tempat ketinggian.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...